EFEKTIVITAS MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA TATA SURYA (ALGATAYA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP IT ASSALAM BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Aifi, Fifi (2025) EFEKTIVITAS MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA TATA SURYA (ALGATAYA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP IT ASSALAM BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
WISUDA VVIP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fifi, Aifi. 2025. Efektivitas Model Inside Outside Circle (IOC) Berbasis Media Pembelajaran Alat Peraga Tata Surya (ALGATAYA) Terhadap Hasil Belajar Materi Tata Surya Kelas VII SMP IT Assalam Bandungan Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Inside Outside Circle; Media Pembelajaran Alat Peraga Tata Surya; Hasil Belajar. Tujuan adanya pembelajaran ini adalah (1) mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran Inside Outside Circle berbasis alat peraga tata surya pada materi tata surya, dan (2) untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran inside outside circle berbasis media pembelajaran alat peraga tata surya terhadap hasil belajar materi tata surya. Penelitian ini merupakan penelitin dengan metode kuantitatif dengan metode quasi eksperiment menggunakan desain penelitian intact group comparison. Populasi penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas VII SMP IT Assalam Bandungan sebanyak 2 kelas. Sampel yang diambil yaitu dari kedua kelas, kelas VII A dan kelas VII B. Kelas VII A sebagai kelas kontrol, dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dimana masing-masing kelas memiliki jumlah 36 dan 27 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini adalah Teknik sampel total, dimana semua anggota populasi digunakan untuk sampel. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Prosedur pengumpulan dan tes menggunakan pretest dan posttest, sedangkan pada nontes menggunakan angket respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA dengan model pembelajaran direct instruction dengan bantuan power point materi tata surya memiliki nilai rata-rata pretest 10,083 dan posttest 11,3056, hasil belajar IPA dengan model pembelajaran inside outside circle berbasis alat peraga tata surya memiliki nilai rata-rata pretest 10,926 dan posttest 13,9630, (2) Model pembelajaran inside outside circle berbasis Alat peraga Tata Surya efektiv terhadap hasil belajar materi tata surya kelas VII SMP IT Assalam Bandungan tahun pelajaran 2024/2025 hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji statistic independent sample t-test diperoleh nilai thitung 2,488 > 2,110 tTabel dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,016 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Didukung dengan angket peserta didik, dimana seluruh peserta didik dengan jumlah 27 memberikan respon baik sekali. Implikasi penelitian ini adalah dapat memberikan dampak baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi tata surya dan dapat menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 18:19
Last Modified: 23 Jun 2025 18:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item