PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI KALIMAT MAJEMUK SEBAB AKIBAT DI KELAS V MIN 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

DAROJATININGRUM, ANNYSA ULYA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI KALIMAT MAJEMUK SEBAB AKIBAT DI KELAS V MIN 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Annysa Ulya Darojatiningrum_23040210062_SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Annysa Ulya Darojatiningrum_23040210062_SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Annysa Ulya Darojatiningrum_23040210062_SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Annysa Ulya Darojatiningrum_23040210062_SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Darojatinningrum, Annysa Ulya.2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Kalimat Majemuk Sebab Akibat di Kelas V MIN 5 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Model, Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada mata pelajaran kalimat majemuk sebab akibat dikelas V MIN 5 Semarang. Peneliti ingin mengetahui apakah model pembelajaran jigsaw mempunyai.dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dikelas V MIN 5 Semarang. Penelitian ini menerapkan desain Quasi Experimental Design dengan membagi peserta menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menerima perlakuan (eksperimen) dan kelompok yang tidak menerima perlakuan (kontrol). Kelompok yang menerima perlakuan menjalani proses pembelajaran menggunakan model Jigsaw, sedangkan kelompok yang tidak menerima perlakuan mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Dalam penelitian ini, model Jigsaw berfungsi sebagai variabel independen, sedangkan hasil belajar dianggap sebagai variabel dependen. populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Negeri 5 Semarang, yang terdiri dari 21 siswa dalam kelompok perlakuan dan 20 siswa dalam kelompok yang tidak menerima perlakuan. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan metode Independent Sample T-test untuk menguji pengarh model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas V. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen yang mencapai 90,571, sementara kelompok kontrol hanya mendapatkan rata-rata 62,95. Uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berada di bawah 0,05. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini memperkuat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MIN 5 Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 18:21
Last Modified: 23 Jun 2025 18:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24240

Actions (login required)

View Item View Item