yonata, Kinanti putri (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BEAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
KINANTI PUTRI YONATA_23070210009.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
KINANTI PUTRI YONATA_23070210009.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
KINANTI PUTRI YONATA_23070210009.pdf Download (8MB) |
Abstract
Yonata, Kinanti Putri. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games peserta didik Pada Materi Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 02 Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2024/2025. Skripsi, Tournament Berbantuan Flash Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Wulan "Izzatul Himınah, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Flash Card, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penibelajaran Teams Games Tournament berbantuan Flash Card terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 02 Bantarkawung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif metode yang digunakan quasi experimental design dengan dua kelompok sampel yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Intrumen pada penelitian ini yaitu soal tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji analisis data hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent sample t tes. Hasil pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 93,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol 81,94. Hasil uji Independent sample t tes diperoleh Sig (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil thitung 9.777 > ttabel 2,000 sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran konvensional dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Teams Games Tournament efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 02 Bantarkawung Kabupaten Brebes tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 20:33 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 20:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |