Issanianda, Aisya Salma (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MI GEDANGANAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi AISYA SALMA ISSANIANDA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran jasa Pendidikan di MI Gedanganak Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025, dan mencari tahu faktor penghambat serta faktor pendukungnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, staf admin, wali siswa, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di MI Gedanganak dilakukan melalui perencanaan matang yang melibatkan tim khusus, pembuatan konten yang menarik dan konsisten, serta interaksi aktif dengan masyarakat. Penggunaan media sosial di MI Gedanganak dinilai efektif sebagai strategi pemasaran pendidikan karena praktis, efisien, dan mudah diakses. Admin memaksimalkan platform seperti YouTube dan Instagram dengan fitur live - streaming, unggahan foto dan video minimal 1 kali dalam 1 minggu, serta interaksi melalui komentar dan WhatsApp. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, fasilitas, dan akses orang tua, meskipun menghadapi kendala pihak sekolah berupaya mencari solusi melalui penjadwalan pembuatan konten dan menggunakan alternatif komunikasi lain untuk bisa menjangkau semua orangtua siswa. Sedangkan faktor pendukung keberhasilan strategi ini didukung oleh SDM yang aktif belajar, koneksi internet yang memadai, keterlibatan orang tua, citra sekolah yang dijaga secara visual, serta dukungan dari kegiatan masyarakat sekitar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 16:38 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 16:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |