STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN RUMPUN AGAMA DI MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Falih, Wildan Amjad (2025) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN RUMPUN AGAMA DI MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ACC SIDANG SKRIPSI WILDAN AMJAD FALIH_23010210123.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Mutu Pembelajaran Rumpun Agama Tujuan penelitian ini untuk 1) Untuk mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran Rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung yang dihadapi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. 3) Untuk menganalisis faktor penghambat yang dihadapi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer berupa hasil wawancara dengan Kepala Madrasah, waka kurikulum, guru agama, dan beberapa siswa. Sumber data sekunder berupa dokumen dan foto kegiatan terkait strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi Teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran Rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025 melalui strategi peningkatan kompetensi guru, pengembangan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana, pembelajaran yang berpusat pada siswa, pengunaan teknologi, evaluasi, penguatan pendidikan karakter, dan kerja sama dengan orang tua. 2. Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pembelajaran Rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. Faktor pendukungnya meliputi sarana dan prasarana, lingkungan budaya madrasah, ketenagaan dan guru, dan partisipasi orang tua. 3. Faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran Rumpun agama di MAN 1 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. faktor penghambatnya antara lain siswa, Jam pelajaran PAI kurang optimal, faktor keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 17:20
Last Modified: 24 Jun 2025 17:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24290

Actions (login required)

View Item View Item