ARINDRA, SUCI PUTRI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SUCI PUTRI ARINDRA NIM. 23070210045.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
SUCI PUTRI ARINDRA NIM. 23070210045.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
SUCI PUTRI ARINDRA NIM. 23070210045.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
SUCI PUTRI ARINDRA NIM. 23070210045.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model Project Based Learning berbantuan Mind Mapping, (2) efektivitas model Project Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bawen. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik dari kelas VII D (eksperimen) dan VII E (kontrol) dipilih melalui Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes , angket respon peserta didik dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25.0 meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T-Test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum penerapan (pretest) rata-rata sebesar 41,88, dengan nilai terendah 17 dan tertinggi 70. Setelah penerapan model Project Based Learning berbantuan Mind Mapping (posttest) rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 77,66, dengan nilai terendah 30 dan tertinggi 100. Hasil uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh t_hitung=4,198 > t_tabel=1,998. Hal ini menujukakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, di mana rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 77,66 > 60,25. Selain itu, hasil angket respon peserta didik menunjukan bahwa model Project Based Learning berbantuan Mind Mapping kelas eksperimen mendapatkan respon kategori sangat baik (rata-rata 81,33), sedangkan model Team Games Tournament kelas kontrol mendapatkan respon kategori baik (rata-rata 75,39). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbantuan Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 17:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 17:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |