EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN

NINGRUM, DIAN NOVITA KRISTIA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DIAN NOVITA KRISTIA NINGRUM NIM.23070210024.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DIAN NOVITA KRISTIA NINGRUM NIM.23070210024.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bangun rung sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bawen, dengan sampel Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan Kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 61 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Clustered Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi, kemudian data dianalisis secara dua tahap, yaitu analisis data tahap awal dan analisis data tahap akhir. Analisis data tahap awal dan tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata menggunakan uji Independent Sample T-test berbantuan software IBM SPSS Statistic 25.0. Analisis data tahap awal terhadap nilai pretest menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi masing-masing kelas sebesar 0,200  0,05. Selanjutnya, kedua kelas juga bersifat homogen, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,072  0,05. Kemudian hasil pretest menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi 0,410  0,05. Hasil analisis data tahap akhir terhadap nilai posttest kedua kelas juga berdistribusi normal dengan nilai signifikansi kelas eksperimen sebesar 0,173  0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,200  0,05. Kedua kelas juga tetap bersifat homogen dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,817  0,05. Uji kesamaan rata-rata tahap akhir memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,044  0,05, artinya terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas kontrol yaitu 72,839  66,083. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 17:44
Last Modified: 24 Jun 2025 17:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24293

Actions (login required)

View Item View Item