HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

'Iza, Wilda Kumala (2025) HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WILDA REPRESENTATIF, revisi FIKSSS.pdf

Download (5MB)

Abstract

‘Iza, Wilda Kumala. 2025. Hubungan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Minat Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/ 2025. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M. Pd. I. Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi; Minat Belajar; Keaktifan Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Hubungan pembelajaran berdiferensiasi dengan minat belajar pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2024/2025; (2) Hubungan pembelajaran berdiferensiasi dengan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2024/2025; (3) Hubungan pembelajaran berdiferensiasi dengan minat belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga yang mengikuti pembelajaran PAI, dengan total 201 siswa, dan sampel berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner, kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana dan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan minat belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga, dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.005 ; (2) Terdapat hubungan signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan keaktifan siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Salatiga, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.005; (3) Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode multivariat, dengan hasil yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.00 > 0.05 maka Ha diterima, terdapat hubungan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan minat belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 19:51
Last Modified: 24 Jun 2025 19:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item View Item