Sholekhah, Refiana Khanifatus (2025) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI PROGRAM KAJIAN KITAB SUCI DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Refiana.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi Refiana.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi Refiana.pdf Download (4MB) |
Abstract
Khanifatus Sholekhah, Refiana. 2025. Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Program Kajian Kitab Suci di SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M. Pd. I Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui program Kajian Kitab Suci dan faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui program Kajian Kitab Suci pada peserta didik di SMP Negeri 2 tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer meliputi wawancara dengan guru PAI, peserta didik, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Sekolah dan sumber data sekunder berupa referensi buku, jurnal, hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII dalam membaca Al-Qur’an masih rendah sekitar 160 peserta didik belum bisa memahami ilmu tajwid, sifat huruf, tartil dan makharijul huruf, kemampuan peserta didik kelas VIII ada sekitar 84 peserta didik yang menguasai ilmu tajwid, sifat huruf dan tartil. Sedangkan peserta didik kelas IX hampir semua peserta didik sudah bisa membaca Al-Qur’an hanya ada beberapa yang masih kurang dari segi tartil. Kedua, upaya guru PAI dalam meningkatkan kemapuan membaca Al-Qur’an melalui program Kajian Kitab Suci adalah mengelompokkan sesuai dengan tingkatannya, menggunakan metode yang tepat, adanya buku evaluasi dan motivasi. Ketiga, faktor pendukungnya adalah tersedianya sarana prasarana, adanya bimbingan dan arahan dari guru dan peran orang tua. Keempat, faktor penghambatnya adalah rasa malas dalam diri peserta didik, terbatasnya waktu pembelajaran dan terbatasnya guru pengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 20:14 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 20:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |