, Syifani Rizky Salsabila (2025) PEMANFAATAN LABORATORIUM PAI DALAM MEWUJUDKAN MEANINGFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI-BP DI SMA NEGERI 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
BISMILLAH SKRIPSI BERKAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Salsabila, Syifani Rizky, 2025. Pemanfaatan Laboratorium PAI dalam Mewujudkan Meaningful learning pada Pembelajaran PAI-BP di SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra.Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium PAI, Meaningful learning, Pembelajaran PAI-BP Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami: 1) Bentuk pemanfaatan laboratorium PAI dalam mewujudkan meaningful learning pada pembelajaran PAI-BP 2) Dampak pemanfaatan laboratorium PAI dalam mewujudkan meaningful learning pada pembelajaran PAI-BP 3) Faktor pendukung pemanfaatan laboratorium PAI dalam mewujudkan meaningful learning pada pembelajaran PAI-BP 4) Faktor penghambat pemanfaatan laboratorium PAI dalam mewujudkan meaningful learning pada pembelajaran PAI-BP Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research. Sumber data dari penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Guna menguji keabsahan data dalam penelitian ini, menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pemanfaatan laboratorium PAI dilakukan sebagai sarana penunjang pembelajaran terintegrasi dengan modul ajar, visualisasi konsep Islam berbantuan media interaktif, sarana praktik ibadah, model imitasi, dan pengolahan bahan dakwah. 2) Dampak pemanfaatan laboratorium PAI terhadap meaningful learning meliputi, membantu menghubungkan konsep baru dengan skema kognitif yang sudah ada, memfasilitasi pemahaman konsep abstrak melalui representasi visual, memberikan pengalaman belajar dengan praktik langsung dan refleksi, memperkuat internalisasi nilai Islami melalui simulasi perilaku, dan mengembangkan pemahaman mendalam melalui analisis dan produksi konten dakwah yang relevan. 3) Faktor pendukungnya adalah ketersediaan fasilitas yang memadai, kompetensi guru yang sesuai dengan standar, relevansi dengan kurikulum, minat belajar peserta didik. 4) Faktor penghambatnya meliputi perbedaan kemampuan peserta didik, penjadwalan penggunaan laboratorium PAI keterbatasan anggaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 21:01 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 21:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |