EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS IX SMP DHARMA LESTARI TAHUN AJARAN 2024/2025

Kennata, Vadhia Sukma (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS IX SMP DHARMA LESTARI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Revisi Vadhia Sukma Kennata (23070210063).pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Revisi Vadhia Sukma Kennata (23070210063).pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Revisi Vadhia Sukma Kennata (23070210063).pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Revisi Vadhia Sukma Kennata (23070210063).pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Revisi Vadhia Sukma Kennata (23070210063).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas IX SMP Dharma Lestari Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Dharma Lestari Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Diperoleh sampel kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan IX D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 62 siswa. Metode pengambilan data dengan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan terakhir uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dan N-Gain Score berbantuan IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan video animasi efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX SMP Dharma Lestari Salatiga. Hasil tersebut dapat dijelaskan dari adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 83,00>78,50. Hasil uji ¬Independent Sample T-test juga menguatkan data bahwa terdapat perbedaan rata-rata dengan diperolehnya nilai Sig. (2-tailed) = 0,037 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelas. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 0,66, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh 0,57.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2025 15:42
Last Modified: 25 Jun 2025 15:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24339

Actions (login required)

View Item View Item