FAHROZI, A'AN DWI (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA ABBASIYAH MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN DIGITAL INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 6 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TEKS SKRIPSI AAN SIAP PRINT.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
TEKS SKRIPSI AAN SIAP PRINT.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
TEKS SKRIPSI AAN SIAP PRINT.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
TEKS SKRIPSI AAN SIAP PRINT.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK A’an Dwi Fahrozi. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Abbasiyah Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division Dan Digital Interaktif Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Agus Purnomo, M. Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Student Teams Achievement Division, Media Digital Interaktif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Ambarawa pada saat ulangan harian mata Pelajaran Pendidikan agama islam materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Abbasiyah.Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa menjadi pasif saat pembelajaran dan mempengaruhi kurangnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Abbasiyah menggunakan Metode Student Teams Achievement Division Media Digital Interaktif Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun rumusan masalah yang akan dikaji: Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division dan media Digital Interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan Ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Ambarawa tahun ajaran 2023/2024? Untuk menjawab rumusan masalah diatas peneliti menggunakan jenis metode penelitian Tindakan keas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Yang disetiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Ambarawa yang berjumlah 34 siswa dengan obyek peneltian berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Student Teams Division dan media Digital Interaktif. Hasil penelitian dengan penerapan metode Student Teams Achievement Division dan Digital Interaktif menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 24% atau hanya 8 siswa yang tuntas dari 34 siswa sedangkan presentase nilai tidak tuntas sebesar 76%. Meningkat pada siklus I menjadi 59% atau 20 siswa yang tuntas dari 34 siswa sedangkan presentase nilai tidak tuntas 41%. Dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88 % atau 30 siswa yang tuntas dari 34 siswa sedangkan nilai tidak tuntas 12%. Hal tersebut memperlihatkan bahwasanya penerapan metode Student Teams Achievement Division dan Digital Interaktif bisa meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Ambarawa tahun ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 18:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 18:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |