IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL'ALAMIN SISWA KELAS XI MAN 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Nasywa, Fredella Salmaa (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL'ALAMIN SISWA KELAS XI MAN 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FREDELLA SALMAA NASYWA NIM. 23010200005.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FREDELLA SALMAA NASYWA NIM. 23010200005.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FREDELLA SALMAA NASYWA NIM. 23010200005.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FREDELLA SALMAA NASYWA NIM. 23010200005.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FREDELLA SALMAA NASYWA NIM. 23010200005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nasywa, Fredella Salmaa, 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Profil Pelajar Rahmatan Lil‘alamin Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si, Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, PPRA, Aqidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada siswa kelas XI di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2024/2025, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian ini menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Profil Pelajar Rahmatan Lil‘alamin Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2024/2025 dari hasil penelitian melalui kegiatan sosialisasi dan pendampingan kurikulum merdeka MAN 2 Kudus dan penguatan MGMP, workshop implementasi kurikulum merdeka MAN 2 Kudus, keterlibatan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KEMENAG, melakukan kegiatan diklat dan pelatihan, melakukan kegiatan keagamaan berupa sholat dhuha, membaca asmaul husna, taddrus, dan sholawat, melakukan kegiatan bersalaman kepada bapak ibu guru, penerapan 10 karakter yakni taadub, taawun, dan lain-lain, penerapan kewirausahaan kepada peserta didik, peserta didik diajarkan lebih kreatif. Faktor penghambat dalam implementasi Kurikulum Merdeka antara lain adalah waktu adaptasi, penilaian individual, dan keterbatasan pemantauan perilaku siswa di luar madrasah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah profesionalitas guru, antusiasme siswa, dan fokus pada pengembangan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2025 20:08
Last Modified: 25 Jun 2025 20:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item