atiqoh, Dhuroh silfiani (2025) Penerapan Metode Tasmi' Pada Program Tahfidz Siswa SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI DHUROH SILFIANI ATIQOH 23010210056.pdf Download (3MB) |
Abstract
Atiqoh, Dhuroh Silfiani. 2025. Penerapan Metode Tasmi’ Pada Program Tahfidz Siswa SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Metode Tasmi’, Tahfidz Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode tasmi’ pada program tahfidz siswa SMP Muhammadiyah Salatiga tahun ajaran 2024/2025; 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tasmi’ pada program tahfidz siswa SMP Muhammadiyah Salatiga tahun ajaran 2024/2025; 3) Manfaat penerapan metode tasmi’ pada program tahfidz siswa SMP Muhammadiyah Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada berkas-berkas terkait. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode tasmi’ merupakan kegiatan memperdengarkan hafalan kepada orang lain untuk mengetahui terjadinya kesalahan dalam pelafadzan. Penerapan metode tasmi’ di SMP Muhammadiyah Salatiga dilakukan secara terstruktur dan konsisten, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak seperti guru, orang tua dan siswa sendiri. 2) Faktor pendukung dalam penerapan metode tasmi’: adanya guru yang berkompeten faham akan metode tasmi’ serta mempunyai latarbelakang sebagai penghafal al-qur’an, dukungan orang tua yang ingin hafalan anaknya tetap terjaga, serta fasilitas lengkap yang disediakan oleh pihak sekolah. Faktor penghambatnya yaitu: keterbatasan waktu untuk mentasmi’kan hafalan 1 juz sekali duduk kepada guru pendamping, kesiapan diri siswa yang terkadang merasa gugup saat tasmi’ serta siswa kurang bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan hafalan , 3) Manfaat yang diperoleh meliputi peningkatan kualitas hafalan, disiplin dalam murojaah, serta motivasi belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian, metode tasmi’ berperan penting dalam menunjang keberhasilan program tahfidz di SMP Muhammadiyah Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:10 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |