EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 PABELAN

Mazdina, Fitriana Nur (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 PABELAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANA NUR MAZDINA 23070210050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mazdina, Fitriana Nur. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team GamesTournament Berbantuan QuizWhizzer Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Pabelan.Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Team Games Tournament, QuizWhizzer, Hasil Belajar Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan quizwhizzer terhadap hasil belajar materi sistem persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pabelan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimental dengan desain pretest-pottest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pabelan dengan sampel peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol sebanyak 63 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pegambilan sampel adalah Clustered Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data mengggunakan Uji N-Gain Score, uji normalitas terhadap N-Gain Score, uji homogenitas terhadap N-Gain Score dan Uji Independent Sample t-Test. Hasil perhitungan uji N-Gain Score nilai rata-rata kelas eksperimen 0,73 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 0,52. Setelah didapat nilai N-Gain dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap nilai N-Gain. Hasil dari kedua uji tersebut nilai N-Gain dinyatakan berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama atau disebut homogen. Kemudian pada uji Independent Sample t-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya terdapat perbedaan rata – rata peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain pada uji Independent Sample t-Test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,73 yang mana lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 0,52. Berdasarkan indikator keefektifan penelitian ini, yaitu apabila terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dimana kelas yang memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi adalah kelas yang pembelajarannya efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan QuizWhizzer efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:46
Last Modified: 26 Jun 2025 03:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24379

Actions (login required)

View Item View Item