PENGARUH MODEL PROJECT BASED LERNING (PjBL) DENGAN PEMBUATAN SIMPLE MINIATURE PADA MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Inayah, Nur (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LERNING (PjBL) DENGAN PEMBUATAN SIMPLE MINIATURE PADA MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Inayah_23060200021.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Dengan Pembuatan Simple Miniature pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muslimah Susilayati, M. Pd. Kata Kunci: Model PjBL, Simple Miniature, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) dengan pembuatan Simple Miniature terhadap Hasil Belajar siswa. Terkhusus pada materi sistem tata surya kelas VII SMP N 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True Experimental Design menggunakan pretest-posttest control group design dengan teknik cluster random sampling dengan hasil kelas eksperimen VII A dan kelas kontrol VII B. Variabel independen (X) yaitu model PjBL berbantuan pembuatan Simple Miniature, sedangkan variabel dependent (Y) yaitu Hasil Belajar. Instrumen penelitian menggunakan soal, angket, dan LKPD. Uji semua menggunakan hasil penelitian SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji pengaruh yaitu uji koefisien korelasi memiliki nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan hasil interval koefisien 0,003. Untuk hasil uji regresi linear sederhana memiliki nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dengan persamaan regresi yaitu Y= 35.207 + 0.567 X yang berarti bahwa Y (Hasil Belajar) akan menjadi 35.207 jika 0.567 dikalikan dengan X (Perlakuan:PjBL-SM). Besarnya pengaruh dapat ditentukan dari hasil uji koefisien determinasi yaitu sebesar 58,3%. Hal ini didukung dengan adanya kenaikan rata-rata hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dari 67,50 menjadi 80,68. Data hasil angket respon memiliki frekuensi antara 40 – 64 yang termasuk dalam kategori baik yang berarti siswa merespon model dan media dengan sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dengan pembuatan simple miniature pada materi sistem tata surya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 5 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:11
Last Modified: 26 Jun 2025 04:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item