PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN TINGKIR SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fatimah, Siti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN TINGKIR SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Fatimah_11511003.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Kutowinangun Tingkir Salatiga pada materi perubahan lingkungan. Berdasarkan pengamatan awal diketahui nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas IV pada materi perubahan lingkungan yaitu 5,08. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya perencanaan dalam mengolah materi yang diajarkan serta guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan. Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran IPA melalui metode Mind Mapdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perubahan lingkungan kelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Tingkir Salatiga tahun ajaran 2014/2015? Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Tingkir Salatiga dengan jumlah 20 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, soal evaluasi berupa tes objektif dan subjektif, dokumentasi, dan observasi pada pembelajaran perubahan lingkungan melalui metode Mind Map. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Tingkir Salatiga mengalami perubahan dalam memahami materi perubahan lingkungan dan menunjukkan bahwa metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Tingkir Salatiga dalam materi perubahan lingkungan dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar. Siklus I presentase ketuntasan mencapai 75 % dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 60 ada 15 siswa. Siklus II presentase ketuntasan mencapai 90% dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 60 ada 18 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:29
Last Modified: 17 Feb 2016 02:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item