Sholechah, Nur (2025) EFEKEFTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL QUIZ GAME TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA SISWA MI NEGERI SALATIGA KELAS 1. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Nur Sholechah_112_Final_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nur Sholechah_112_Final_compressed.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran wordwall quiz game terhadap hasil belajar kognitif materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa MI Negeri Salatiga Kelas I. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain eksperimen semu atau biasa disebut dengan quasi eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan The Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Jadi dalam penelitian ini terdapat dua kelompok kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas eksperimen (1C) yang berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol (1B) yang berjumlahn 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan soal tes tertulis pilihan ganda. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall quiz game cukup efektif terhadap hasil belajar kognitif materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa MI Negeri Salatiga Kelas I. Hasil uji Independent Sample T Test yaitu diperoleh hasil nilai sig. (2 tailed) adalah 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai sig. 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga kesimpulannya Ha diterima dan H0 ditolak. dengan df = 50 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,009 dan thitung dalam perhitungan uji tersebut diperoleh -8,577. Berdasarkan data tersebut, diperoleh -8,577 kurang dari 2,009 atau thitung < ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya didukung hasil uji N-Gain di kelas eksperimen sebesar 66,4432% atau 66,4% yang termasuk dalam rentang 56% - 75% maka termasuk dalam kategori “cukup efektif” . Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil uji N-Gain tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahwa media pembelajaran wordwall quiz game cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika pada kelas I MI Negeri Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 21:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 21:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |