ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA TERBITAN KEMENDIKBUDRISTEK TAHUN 2021-2022

Iksan, Muhammad (2025) ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TINGKAT SMA TERBITAN KEMENDIKBUDRISTEK TAHUN 2021-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap Asli.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) tingkat SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2021–2022. Fokus kajian mencakup identifikasi nilai-nilai moderasi beragama di setiap bab pembahasan buku ajar mulai dari bab 1 sampai bab 10 di setiap tingkatan kelas dengan menggunakan 9 nilai moderasi beragama menurut Kementerian Agama diantaranya: Tawasstuh, Qudwah, Ishlah, I’tidal, Tasamuh, Al-Syura, Muwathanah, La ‘Unf, ‘Urf. Identifikasi nilai-nilai moderasi beragama juga ditinjau dari 4 indikator yaitu: toleransi, komitmen kebangsaan, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap budaya lokal serta bagaimana nilai-nilai tersebut disajikan dalam buku ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi teks (analisis isi) terhadap buku PAI-BP kelas X, XI, dan XII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif-kualitatif melalui tahapan reduksi data, kategorisasi, interpretasi, dan penyajian. Kemudian untuk uji keabsahan data dalam penelitian ini mencakup empat kriteria, yaitu uji derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama telah terintegrasi secara sistematis, baik secara eksplisit dalam materi maupun secara implisit di setiap bab pembahasan dalam buku ajar tersebut. Buku ajar tersebut mendukung pembentukan karakter peserta didik yang moderat dengan indikator (1)toleransi, (2)cinta tanah air, (3)anti kekerasan, dan (4)penerimaan terhadap budaya lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku teks PAI-BP memiliki peran strategis dalam penguatan moderasi beragama di sekolah. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru dalam penguatan pendidikan agama yang ramah terhadap keragaman. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2025 00:17
Last Modified: 27 Jun 2025 00:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24440

Actions (login required)

View Item View Item