PENGRUH ICE BREAKING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SDN LEDOK 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

latifah, Azizatul (2025) PENGRUH ICE BREAKING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SDN LEDOK 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AZIZATUL LATIFAH 23040200019 - Azizatul Latifah (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
23040200019_AZIZATUL LATIFAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
23040200019_AZIZATUL LATIFAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap tingkat konsentrasi siswa, untuk mengetahui perbedaan tingkat konsentrasi siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan ice breaking, untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan ice breaking, serta untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking terhadap tingkat konsentrasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen serta menggunakan sampel berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan pretest untuk mengetahui tingkat awal konsentrasi dan hasil belajar sebelum perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ledok II, yang berlokasi di Jl. Veteran 43, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan kuesioner untuk mengukur tingkat konsentrasi belajar siswa. Hasil uji MANOVA dengan nilai sig. = 0,005 (< 0,05) hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking dalam pembelajaran dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 88,33 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 86,87. Pada tabel Tests of Between-Subjects Effects uji MANOVA, nilai sig. pada hasil belajar sebesar 0,032 < 0,05, ini berarti ice breaking berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan tabel Tests of Between-Subjects Effects pada uji MANOVA, nilai F konsentrasi belajar sebesar 10.516 dan nilai F hasil belajar sebesar 5.036. Hal ini berarti pengaruh ice breaking terhadap konsentrasi belajar lebih besar daripada pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2025 04:42
Last Modified: 27 Jun 2025 04:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24442

Actions (login required)

View Item View Item