IMPLEMENTASI METODE MURAJA’AH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK B DI TK IT NIDAUL HIKMAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Salsabila, Naila Safina (2025) IMPLEMENTASI METODE MURAJA’AH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK B DI TK IT NIDAUL HIKMAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAILA SAFINA SALSABILA 23050210032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi metode muraja’ah dalam mengembangkan kemampuan menghafal juz ‘amma pada kelompok B di TK IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada implementasi metode muraja’ah dalam mengembangkan kemampuan menghafal juz ‘amma pada kelompok B di TK IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah, guru, dan anak didik kelompok B di TK IT Nidaul Hikmah Salatiga. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi metode muraja’ah dapat mengembangkan kemampuan menghafal juz ‘amma pada anak kelompok B di TK IT Nidaul Hikmah. Hal ini sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif anak yaitu mudah mengingat informasi melalui pengulangan yang terstruktur. Melalui pengulangan yang konsisten anak menunjukkan kemampuan lebih cepat dalam menghafal ayat, daya ingat lebih melekat, dan dapat memperkuat hafalan. Selain itu melalui penerapan muraja’ah juga dapat mengembangkan pendidikan karakter serta kemampuan bersosialisasi anak. Implementasi muraja’ah hafalan di TK IT Nidaul Hikmah melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta dilaksanakan dengan konsep metode muraja’ah secara bersama, muraja’ah individu, muraja’ah dalam shalat, dan muraja’ah dengan alat bantu. Adapun faktor pendukung yaitu peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran, sarana prasarana sekolah, kerjasama orang tua, kondisi anak, manajemen waktu, dan manajemen tempat. Sedangkan faktor penghambtanya yaitu kurangnya konsentrasi, tingkat kesulitan ayat, rasa malas, dan godaan distraksi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2025 04:52
Last Modified: 27 Jun 2025 04:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24443

Actions (login required)

View Item View Item