UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TK IT AL FITROH KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Mirangga, Alma Nisrina (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TK IT AL FITROH KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi alma nisrina.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Bahasa Inggris; Metode Gerak dan Lagu; Anak Usia Dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Fitroh Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian yaitu anak-anak kelas B2 yang berjumlah 22 anak. Instumen penelitian berupa lembar kerja pretest dan posttest, lembar observasi guru dan anak, serta RPPH. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui observasi, wawancara, data anak-anak kelas B2 dan dokumentasi. Data analisa menggunakan rumus presentase, apabila tingkat pencapaian indikator keberhasilan anak secara klasikal mencapai 80% maka siklus dihentikan. Peningkatan presentase pencapaian didapat dengan membandingkan hasil presentase tiap siklus. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa penggunaan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini tampak dari pencapaian belajar anak pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I dicapai presentase sebesar 70% dan siklus II dicapai presentase sebesar 86%. Perkembangan pencapaian belajar anak di siklus I dan siklus II adalah 16%. Data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Fitroh Kecamatan Tingkir Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2025 15:54
Last Modified: 27 Jun 2025 15:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24447

Actions (login required)

View Item View Item