Kurniawan, (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Kurniawan NIM. 23070210078.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada materi statistika di SMP Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan LKPD, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga, dan strategi sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu sampling yang telah melalui uji homogenitas, normalitas, dan kesamaan rata-rata. Sehingga peneliti menetapkan kelas VIII Al-Mahir sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Al-Najah sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen akan menerima model Problem Based Learning berbantuan LKPD, sedangkan kelas kontrol akan menerima model Think Pair Share. Analisis data melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen setelah penerapan Problem Based Learning lebih baik dari sebelum penerapan, dengan nilai t hitung = 11,227 > t tabel = 1,734 dan skor rata-rata peningkatan (n-gain) sebesar 0,56 yang termasuk kategori sedang. Uji t satu pihak kanan menunjukkan bahwa t hitung = 5,574 > t tabel = 1,687, yang menandakan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada materi statistika di SMP Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 22:25 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 22:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |