Ulya, Arina Kurotul (2025) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOKAMI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
ARINA KUROTUL ULYA (23070210057) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
ARINA KUROTUL ULYA (23070210057) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
ARINA KUROTUL ULYA (23070210057) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media KOKAMI terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental, yaitu model postest-only control grup design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Ngadirejo yang terdiri dari 11 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi dan tes, dimana metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa dan nilai siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh nilai postest. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata postest pemahaman konsep matematika kelas eksperimen sebesar 83,42 dan kelas kontrol 67,48. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hasil postest pemahaman konsep matematika adalah uji Mann Whitney U Test, yang menghasilkan nilai Asym.sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansinya < 0,05. Menurut hasil tersebut menunjukan bahwa keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil uji tersebut mengindikasikan bahwa rata-rata nilai postest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media KOKAMI efektif terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 13:52 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 13:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |