ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA PERWANIDA SALATIGA

setyawati, yalif (2025) ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA PERWANIDA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI YALIF UIN FTIK PGMI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YALIF UIN FTIK PGMI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YALIF UIN FTIK PGMI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YALIF UIN FTIK PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setyawati, Yalif. 2025. Analisis Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Perwanida Salatiga. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ms Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen waktu, belajar siswa, kelas V, faktor eksternal Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen waktu belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Perwanida Salatiga serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya pengelolaan waktu dalam menunjang keberhasilan belajar siswa, khususnya dalam konteks sekolah yang memiliki banyak kegiatan akademik dan non-akademik. Meskipun sebagian siswa telah menunjukkan kemampuan mengelola waktu secara baik, masih terdapat sebagian lainnya yang mengalami kesulitan seperti kebiasaan menunda tugas dan kurangnya persiapan sebelum pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan utama yaitu guru kelas, siswa, dan orang tua siswa kelas V MIS Perwanida Salatiga. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, dan daftar cek dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memahami pola manajemen waktu belajar dan faktor-faktor yang berperan dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki manajemen waktu belajar yang baik, yang tercermin dalam disiplin mengerjakan tugas, persiapan sebelum pembelajaran, serta keterlibatan dalam kegiatan tambahan di luar jam pelajaran. Faktor yang mendukung manajemen waktu belajar siswa antara lain strategi pembelajaran dari guru, keterlibatan orang tua, dan dukungan lingkungan sekolah. Namun, beberapa siswa masih memerlukan bimbingan lebih lanjut dalam membangun kebiasaan belajar yang teratur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu belajar siswa kelas V di MIS Perwanida Salatiga berjalan cukup efektif, namun tetap memerlukan intervensi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitasnya secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 17:36
Last Modified: 30 Jun 2025 17:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item View Item