MPLEMENTASI PERDA KABUPATEN SEMARANG NOMOR 4 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME (Studi di Kabupaten Semarang)

, Widatul Chusna (2025) MPLEMENTASI PERDA KABUPATEN SEMARANG NOMOR 4 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN REKLAME (Studi di Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_2025_CHUSNA_REKLAME.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_2025_CHUSNA_REKLAME.pdf

Download (1MB)

Abstract

Chusna, Widatul. 2025. “Implementasi Perda Kabupaten Semarang Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame (Studi Di Kabupaten Semarang”. Skripsi, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syar’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Fahmy Asyhari, S.H., M.H Pemasangan reklame akhir-akhir ini telah menimbulkan kontroversi, kegaduhan dan memicu problem di sejumlah daerah, terutama di daerah Kabupaten Semarang. Pelanggaran pemasangan reklame, dikhawatirkan menimpa pengguna jalan dan dapat menggangu keselarasan serta keseimbangan Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengatur penyelenggaraan reklame agar sesuai dengan keharmonisan, keselarasan, melindungi, serta menjamin kepentingan umum masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, yakni melalui hasil lapangan yang diperoleh melalui data data yang dikumpulkaan saat wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan undang-undang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat persoalan mengenai bagaimana peran aparatur satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dalam menjalankan tugas dan fungsi penertiban reklame di wilayah hukum Kabupaten Semarang terhadap penyelenggaraan pemasangan reklame. Adapun hasil penelitian menunjukan sebagian wilayah di Kabupaten Semarang pemasangan reklame sesuai aturan belum optimal. Akibat hukum dari pelanggaran pemasangan reklame tersebut berupa sanksi denda dan pembongkaran. Selain itu, penegakan hukum penyelenggaraan reklame oleh Satpol PP mengalami hambatan berupa faktor internal yang berasal dari kurangnya kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat, kurangya sarana dan informasi dan minimmnya koordinasi antar penegak, ada pula faktor eksternal yang menghambat berasal dari pemasangan reklame yang tidak berizin atau illegal. Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Perda, Reklame

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 18:21
Last Modified: 30 Jun 2025 18:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24505

Actions (login required)

View Item View Item