Sari, Novita (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI RASIO PADA SISWA KELAS VII SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Novita Sari_23070210038.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi Novita Sari_23070210038.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi rasio pada siswa kelas VII SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPIT Nurul Islam Tengaran. Pemilihan sampel dipilih melalui teknik Cluster Random Sampling yang mana sampelnya adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol dengan total 55 siswa. Pengumpulan data diakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Analisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilakukan uji N-Gain Score untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan rata-rata signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPIT Nurul Islam Tengaran. Hasil tersebut dapat dilihat melalui uji N-Gain Score dan uji Independent Sample T-Test. Uji N- Gain Score pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,80 tergolong dalam kriteria tinggi dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,72 tergolong dalam kriteria tinggi. Kedua kelas sama-sama mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah, akan tetapi kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kemudian, uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana rata- rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 85,19 > 75,93 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata- rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 18:48 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 18:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |