EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII POKOK BAHASAN BUMI DAN TATA SURYA DI SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

MUNIR, RIZKA AISYAH (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII POKOK BAHASAN BUMI DAN TATA SURYA DI SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Aisyah Munir 23060210034.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas VII dengan penerapan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantuan media Augmented Reality (AR) pada materi Bumi dan Tata Surya di SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui efektivitas penerapan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi Bumi dan Tata Surya di SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan bantuan aplikasi Spin The Wheel. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga dengan jumlah sebanyak 8 kelas (256 peserta didik) dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas (64 peserta didik). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes, lembar angket, lembar observasi dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA materi Bumi dan Tata Surya pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 81,72 > 75,94. Hasil dari uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai thitung 7,986 > 2,036 ttabel dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model science, environment, technology, society (SETS) berbantuan media augmented reality (AR) materi Bumi dan Tata Surya efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Implikasi dari penelitian ini adalah jika model pembelajaran science, environment, technology, society (SETS) berbantuan media augmented reality (AR) diterapkan maka dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 19:09
Last Modified: 30 Jun 2025 19:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24522

Actions (login required)

View Item View Item