Wardani, Ema Aira (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
EMA AIRA WARDANI_23070210040.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi aljabar siswa kelas VII SMP Islam Sunan Giri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis rancangan quasi eksperimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara random/acak terhadap cluster-cluster atau dalam penelitian kelas-kelas dengan sampel kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes hasil belajar, yang telah melalui pengujian kelayakan melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda. Untuk menganalisis data, digunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20.0 dengan menerapkan uji N-Gain Score dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar matematika materi aljabar siswa kelas VII SMP Islam Sunan Giri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Hal ini ditunjukan oleh hasil uji hipotesis yang menunjukan terdapat perbedaan rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 0,6673, yang tergolong dalam kategori penigkatan sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata N-Gain Score sebesar 0,5438, juga termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar matematika materi aljabar di kelas eksperimen telah memenuhi syarat, yaitu masuk dalam kategori peningkatan sedang. Selain itu, uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikasi 0,017 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 19:17 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 19:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |