Putrianingsih, Nadia Wahyu (2025) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI NADIA WAHYU PUTRIANINGSIH 23070210020.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NADIA WAHYU PUTRIANINGSIH 23070210020.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NADIA WAHYU PUTRIANINGSIH 23070210020.pdf Download (7MB) |
Abstract
Putrianingsih, Nadia Wahyu, 2025. Efektivitas Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata kunci : Efektivitas, Brainstorming, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 6 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan jenis quasi eksperimen serta menggunakan pretest-posttes control group design dengan menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga dengan sampel siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan saat mengambil sampel yaitu Clustered Random Sampling. Pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji One Sample t-Test, uji independent sample t-Test dan Uji N-gain score. Hasil uji prasyarat menunjukkan data bersistribusi normal serta homogen. Didapati nilai sig. (2-tailed) uji One Sample t-Test pada posttest kelas eksperimen yakni 0,000 < 0,05, artinya H_0 ditolak, maka rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen tidak sama dengan 75. Nilai t sebesar 5,735 > 0 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 82,67, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dikelas eksperimen melampaui KKTP. Sedangkan nilai sig. (2-tailed) pada posttest kelas kontrol adalah 0,002 < 0,05, artinya H_0 ditolak, maka rata-rata hasil belajar siswa dikelas kontrol tidak sama dengan 75. Mengingat nilai t sebesar -3,353 < 0 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 69,17, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dikelas kontrol belum mencapai KKTP. Lalu uji Independent Sample t-Test diperoleh 0,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari kelas kontrol. Terakhir uji N-Gain Score dari kelas eksperimen 0,74 menunjukkan kategori tinggi, serta nilai N-Gain dari kelas kontrol 0,57 menunjukan kategori sedang. Maka disimpulkan seluruh kriteria efektivitas pembelajaran tercapai, sehingga metode pembelajaran Brainstorming efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 19:39 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 19:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |