suprihatin, (2025) STRATEGI MEMBENTUK ETOS KERJA GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI MTs MA’ARIF MOJO ANDONG BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS SUPRI-REVISI PASCA MUNAQOSAH(1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TESIS SUPRI-REVISI PASCA MUNAQOSAH(1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TESIS SUPRI-REVISI PASCA MUNAQOSAH(1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TESIS SUPRI-REVISI PASCA MUNAQOSAH(1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Suprihatin, 2025. Strategi Membentuk Etos Kerja Guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di MTs Ma’arif Mojo Andong Boyolali. Program Studi S2 PAI Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Oktio Frenki Biantoro, M.Pd.I Kata Kunci: Etos Kerja, Guru, Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi membentuk etos kerja guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs Ma’arif Mojo Andong Boyolali. Aspek yang diteliti adalah: 1) Etos kerja guru rumpun pendidikan agama Islam, 2) Strategi dalam membentuk etos kerja guru rumpun pendidikan agama Islam dan 3) Implikasi etos kerja guru rumpun pendidikan agama Islam terhadap mutu pendidikan Islam di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan adalah kepala madrasah, guru rumpun agama Islam, dan wakil kepala madrasah. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan data. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi seumber dan waktu. Hasil penelitian ini adalah: 1) Etos kerja guru rumpun agama Islam tercermin dalam beberapa hal: Profesionalisme, guru dalam menjalankan tugasnya berjalan dengan baik dan lancar sehingga mampu menciptakan suasana kegiatan belajar yang efektif dan baik dalam menyelesaikan administrasi. Keteladanan, yang meliputi keteladanan berhubuhungan dengan diri sendiri, keteladanan berhubuhungan dengan orang lain dan keteladanan berhubuhungan dengan akademik. Inovasi pembelajaran, yang disesuaikan kebutuhan peserta didik sehingga menjadi daya tarik peserta didik dalam pembelajaran. 2) Strategi membentuk etos kerja Guru rumpun agama Islam meliputi: Keteladanan kepala madrasah, sebagai pemimpin mengharuskan ucapan dan perbuatan sebagai contoh untuk anggotanya. Peningkatan kompetensi guru, tercermin dalam mengikuti berbagai pelatihan, musyawarah guru mata pelajaran, seminar bahkan diberi ijin jika ingin melanjutkan study strata I atau strata II. Penerapan reward dan punishment, sering disebut penghargaan bagi guru dengan kinerja baik dan hukuman berupa teguran atau pembinaan bagi guru yang kurang maksimal dalam menjalankan tugasnya. 3) Implikasi dari etos kerja guru rumpun agama terhadap mutu pendidikan madrasah meliputi: Prestasi akademik peserta didik. Aktifnya kegiatan keagamaan madrasah. Peningkatan kualitas pendidikan di madrasah di semua mata pelajaran dan khusus pada mata pelajaran rumpun agama Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 20:47 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 20:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |