Latiefa, Charisma Nurul (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLB BINA HARAPAN LAMONGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Charisma Nurul Latiefa (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Charisma Nurul Latiefa (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Charisma Nurul Latiefa (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Charisma Nurul Latiefa (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Charisma Nurul Latiefa (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Charisma Nurul Latiefa (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Latiefa, Charisma Nurul. 2025. Efektivitas Media Pembelajaran Loose Parts dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Tunagrahita di SLB Bina Harapan Lamongan. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Eva Palupi, M.Si., Psikolog. Kata Kunci: Loose Parts, Konsentrasi Belajar, Tunagrahita. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan skor kemampuan konsentrasi belajar pada siswa tunagrahita sebelum dan setelah treatment, serta untuk melihat perbedaan kemampuan konsentrasi belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan treatment pada siswa tunagrahita di SLB Bina Harapan Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis statistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-eksperiment), dengan desain non-randomized pre-test post-tes control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data kemampuan konsentrasi belajar dilakukan menggunakan tes Wechsler Intellegence Scale for Children (WISC) subtes digit span. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji T-test. Hasil perhitungan menggunakan uji Paired Sample T-test diperoleh nilai p = 0,019 (p < 0,05) (meningkat). Selanjutnya hasil perhitungan menggunakan uji Independent Sample T-test untuk menghitung perbedaan tingkat kemampuan konsentrasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan tratment, diperoleh nilai p = 0,003 (p < 0,05) (berbeda). Hasil selisi nilai rata-rata (mean) kemampuan konsentrasi pada kedua kelompok penelitian diperoleh sebesar 2,60.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 20:50 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 20:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |