ANALISIS NILAI-NILAI ASMAUL HUSNA AL-ADL DAN AL-HAKIM DALAM BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP ISLAM NGADIREJO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

RIZKI, AIDA (2025) ANALISIS NILAI-NILAI ASMAUL HUSNA AL-ADL DAN AL-HAKIM DALAM BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP ISLAM NGADIREJO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AIDA RIZKI 23080210009.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rizky, Aida. 2025. Analisis Nilai-Nilai Asmaul Husna Al-Adl dan Al-Hakim dalam Bimbingan Klasikal Di SMP Islam Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Nilai-Nilai Asmaul Husna; Al-Adl dan Al-Hakim; Bimbingan Klasikal Nilai-nilai asmaul husna al-adl dan al-hakim sangat berperan penting dalam pribadi seorang guru bimbingan dan konseling dalam hal pengentasan suatu permasalahan yang dihadapi konseli dalam bimbingan klasikal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai asmaul husna al-adl dan al-hakim dalam bimbingan klasikal, untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai al-adl dan al-hakim dalam bimbingan klasikal dan bagaimana hambatan yang terjadi dalam penerapan nilai-nilai al-adl dan al-hakim dalam bimbingan klasikal di SMP Islam Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Ngadirejo tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara Guru Bk Islam dan siswi SMP Islam Ngadirejo, dan sumber data sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan bimbingan klasikal dan wawancara, serta data profil SMP Islam Ngadirejo Hasil penelitian menunjukan bahwa guru BK Islam di SMP Islam Ngadirejo telah memberikan layanan berdasarkan nilai-nilai asmaul husna al-adl dan al-hakim dalam layanan bimbingan klasikal, nilai-nilai asmaul husna al-adl dan al-hakim efektif dalam pemberian layanan bimbingan klasikal. guru BK Islam memfasilitasi pengembangan empati dan kesadaran sosial melalui latihan mendengarkan aktif, diskusi kelompok kecil untuk berbagi pengalaman di lingkungan suportif, dan studi kasus terbukti meningkatkan partisipasi aktif siswa dan berkontribusi dalam membentuk karakter mereka menjadi lebih adil dan bijaksana sebagaimana sesuai dengan prinsip layanan bimbingan klasikal. Guru BK telah mengimplementasikan secara baik sehingga peserta didik itu merasa mendapat keadilan tanpa dibeda-bedakan dari berbagai sudut latar belakang dalam menanamkan nilai Al-Adl dan Al-Hakim karena fokusnya pada potensi individu untuk aktualisasi diri dan pengembangan pribadi. guru BK Islam seringkali menemui kendala, contohnya siswa yang sulit fokus dan sulitnya pengkondisian kelas, tantangan ini justru memberikan pelajaran berharga bagi guru BK Islam untuk menjadi lebih peka terhadap kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 23:22
Last Modified: 30 Jun 2025 23:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24576

Actions (login required)

View Item View Item