REPRESENTASI KOLABORASI KONTEN PADA SLIDE POSTINGAN AKUN BANGGABER

Jati, Wirid Pralaya (2025) REPRESENTASI KOLABORASI KONTEN PADA SLIDE POSTINGAN AKUN BANGGABER. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
430101800083_WIRID PRALAYA JATI FINAL 3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jati, Wirid Pralaya. (2025). Representasi Kolaborasi Konten Pada Slide Postingan Akun Banggaber. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Unversitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: RR. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Representasi, Semiotika, Kolaborasi, Konten, Banggaber Tujan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui makna konotatif dari representasi kolaborasi konten pada slide postingan akun Banggaber, Mengetahui 2) Mengetahui makna denotatif dari representasi kolaborasi konten pada slide postingan akun Banggaber dan 3) Mengetahui makna mitos dari representasi kolaborasi konten pada slide postingan akun Banggaber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika. Peneliti memanfaatkan dua kategori sumber data, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes dalam menganalisis data yang telah diperoleh melalui proses observasi dan dokumentasi terhadap tiga postingan kolaboratif Banggaber dengan brand Tolak Linu Herbal, Eiger Adventure, dan Bank Syariah Indonesia. Keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Secara denotatif, produk seperti tas Eiger, Tolak Linu Herbal, dan aplikasi BYOND dari BSI ditampilkan dalam bentuk visual yang realistis sesuai konteks cerita. Setiap objek dalam slide diperlihatkan secara literal, seperti pria yang mengemas barang dengan tas Eiger, pekerja yang meminum Tolak Linu, atau ibu rumah tangga yang menggunakan aplikasi BSI untuk zakat. 2) Sedangkan secara konotatif, brand tidak sekadar tampil sebagai objek fisik, tetapi dimaknai secara emosional dan kultural. Tas Eiger menjadi simbol perjuangan perantau dan kasih sayang anak kepada orang tua. Tolak Linu merepresentasikan daya tahan fisik dan peran laki-laki sebagai tulang punggung keluarga. BSI hadir sebagai simbol spiritualitas dan pengelolaan keuangan Islami dalam konteks Ramadan dan kehidupan keluarga. 3) Terakhir secara mitos, konten-konten Banggaber mereproduksi nilai-nilai budaya dan ideologi masyarakat Indonesia. Mitos pulang kampung sebagai bentuk keberhasilan spiritual, pria sebagai sosok pekerja keras dan pemikul beban keluarga, serta ibu sebagai sumber kebajikan dan religiusitas, semua diperkuat melalui narasi kolaboratif. Merek diposisikan sebagai bagian integral dari nilai-nilai luhur yang sudah mapan dan dianggap "alami" oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2025 16:30
Last Modified: 01 Jul 2025 16:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item