IMPLEMENTASI NILAI “MAN JADDA WAJADA” DALAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MEMPERSIAPKAN LULUSAN SIAP KERJA DI SMK NEGERI 1 TENGARAN

Syahrian, Muhammad Anandiva (2025) IMPLEMENTASI NILAI “MAN JADDA WAJADA” DALAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MEMPERSIAPKAN LULUSAN SIAP KERJA DI SMK NEGERI 1 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi muhammad anandiva syahrian 23080210036.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi muhammad anandiva syahrian 23080210036.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi muhammad anandiva syahrian 23080210036.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi muhammad anandiva syahrian 23080210036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syahrian, Anandiva, Muhammad 2025. Implementasi Nilai “Man Jadda Wajada” dalam Bimbingan Karir Untuk Mempersiapkan Lulusan Siap Kerja di SMK Negeri 1 Tengaran. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Andar Ifazatul Nurlatifah, M.Pd.I. Kata Kunci: Bimbingan Karir, Nilai Man Jadda Wajada, Kesiapan Kerja, Lulusan SMK, Pendidikan Kejuruan, Penelitian Kualitatif. Bimbingan karir pada jenjang pendidikan SMK memegang peran krusial terhadap kesiapan siswa untuk menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Penelitian ini secara mendalam mengeksplorasi implementasi program bimbingan karir yang diintegrasikan dengan nilai kearifan lokal "Man jadda wajada" di SMK Negeri 1 Tengaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan secara rinci bagaimana nilai "Man jadda wajada" diterapkan dalam berbagai kegiatan bimbingan karir, (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi efektivitas pelaksanaan program bimbingan karir, dan (3) menganalisis dampak dari implementasi program bimbingan karir "Man jadda wajada" terhadap tingkat kesiapan kerja siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap pelaksanaan bimbingan karir, wawancara mendalam dengan guru BK, waka kurikulum, dan siswa menggunakan pedoman terstruktur, serta studi dokumentasi terhadap RPL bimbingan karir dan dokumen relevan lainnya. Analisis data kualitatif mengikuti model interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik, serta triangulasi sumber. Penelitian ini mengkaji implementasi nilai "Man jadda wajada" dalam program bimbingan karir SMK. Implementasi dilakukan secara komprehensif melalui serangkaian program terstruktur, meliputi pelatihan soft skill berkelanjutan, bimbingan klasikal proaktif dan konseling individu oleh guru BK, apresiasi siswa berprestasi, kolaborasi guru BK-mata pelajaran, pelatihan fisik, serta penelusuran tamatan untuk evaluasi program. Berbagai faktor pendukung program teridentifikasi, seperti dukungan fasilitas/kebijakan sekolah, program variatif relevan, peran aktif seluruh elemen pendidik, dukungan orang tua/lingkungan, dan ekstrakurikuler. Kendala juga ditemukan, terutama dari internal siswa, mental block, kebingungan karir, kurang kepercayaan diri kejuruan dan bimbingan kelompok belum optimal. Program ini berhasil menanamkan nilai kesungguhan dan memberikan inspirasi pada siswa. Area yang memerlukan penguatan lebih lanjut adalah kesiapan praktik dan mental siswa, khususnya di tingkat awal hingga akhir. Meski demikian, penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan bimbingan karir yang menanamkan nilai kerja keras merupakan strategi berharga dalam upaya menyiapkan lulusan SMK yang lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2025 17:00
Last Modified: 01 Jul 2025 17:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24606

Actions (login required)

View Item View Item