Rofitasari, Ririn (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
RIRIN ROFITASARI NIM.23040210021..pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
RIRIN ROFITASARI NIM.23040210021..pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
RIRIN ROFITASARI NIM.23040210021..pdf Download (7MB) |
Abstract
Rofitasari, Ririn. 2025. “Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci : metode pembelajaran inkuiri; berpikir kritis; unsur intrinsik cerita dongeng. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Implementasi metode pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita dongeng, 2) Menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya, 3) Merumuskan solusi terhadap hambatan yang dihadapi selama proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah Suruh Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode pembelajaran inkuiri secara sistematis melalui tahapan orientasi, perumusan masalah, pengajuan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dan kemampuan berpikir kritis mereka. 2) Faktor pendukung keberhasilan implementasi metode ini antara lain tersedianya media pembelajaran seperti buku dongeng dan lembar kerja siswa, peran aktif guru sebagai fasilitator, serta pojok baca. Adapun hambatan yang ditemui mencakup keterbatasan waktu pembelajaran dan heterogenitas tingkat kemampuan siswa. 3) Solusi dari faktor penghambat tersebut yaitu dengan penyesuaian strategi pengelolaan waktu agar pembelajaran tetap berjalan efektif serta pemberian motivasi personal agar siswa mau terlibat dalam proses berpikir.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 17:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 17:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |