EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERITA SISWA KELAS II MI PAYUNGAN KEC KALIWUNGU KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Sambodo, Faqih Ajar (2025) EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERITA SISWA KELAS II MI PAYUNGAN KEC KALIWUNGU KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Faqih Ajar Sambodo_030,.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sambodo, Faqih Ajar. 2025. “Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca dan Memahami Cerita Siswa Kelas II MI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kababupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN). Pembimbing : Imam Mas Arum. M.Pd. Kata kunci: media flashcard, kemampuan membaca, pemahaman bacaan, one-group pretest-posttest Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca dan memahami bacaan siswa kelas II MI Payungan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada teks cerita. Media pembelajaran yang menarik seperti flashcard diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II MI Payungan yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes membaca dan pemahaman bacaan dalam bentuk pertanyaan singkat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 57,75 dan posttest adalah 81. Berdasarkan uji Wilcoxon , diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca dan memahami bacaan siswa kelas II MI Payungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2025 17:56
Last Modified: 01 Jul 2025 17:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item