EFEKTIVITAS MEDIA EXTREME ADDITION MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS IV DI MIS MA’ARIF ASAS ISLAM KALIBENING

Anwar, Choirul (2025) EFEKTIVITAS MEDIA EXTREME ADDITION MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS IV DI MIS MA’ARIF ASAS ISLAM KALIBENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Choirul Anwar 23040210095.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Choirul Anwar 23040210095.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Choirul Anwar 23040210095.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Choirul Anwar 23040210095.pdf

Download (8MB)

Abstract

Anwar, Choirul. 2025. Efektivitas Media Extreme Addition Mathematics Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV di MIS Ma’arif Asas Islam Kalibening: skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Media Extreme Addition Mathematics dan kemampuan berhitung Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas media Extreme Addition Mathematics dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV di MIS Ma’arif Asas Islam Kalibening. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, di mana sampel penelitian melibatkan pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Extreme Addition Mathematics efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV di MIS Ma’arif Asas Islam Kalibening. Hal tersebut dibuktikan melalui Uji Hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 25, di mana Uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,05 dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Penelitian ini melibatkan 57 siswa, terdiri dari 29 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Dengan derajat kebebasan (df) = (57-2=55) dan taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai ttabel = 1,673, sedangkan thitung = -6,573. Data tersebut menunjukkan bahwa thitung < ttabel, yaitu -6,573 < 1,673, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, N-Gain efektivitas penggunaan media Extreme Addition Mathematics menunjukkan rata-rata N-Gain persen sebesar 77,3515 atau 77,4%, yang termasuk dalam kategori > 76%, sehingga dapat dikategorikan sebagai efektif. Rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen adalah 86,9, sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh skor rata-rata 72,8. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi guru dalam pengajaran matematika, khususnya pada materi bilangan bulat, untuk mengembangkan bahan ajar melalui media Extreme Addition Mathematics dalam mengajarkan konsep matematika di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2025 18:49
Last Modified: 01 Jul 2025 18:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24612

Actions (login required)

View Item View Item