PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN MINAT MEMBACA SISWA MIN 11 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025

MUNIR, MUHAMMAD SYAIFUL (2025) PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN MINAT MEMBACA SISWA MIN 11 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD SYAIFUL MUNIR 23040210036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMMAD SYAIFUL MUNIR 23040210036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMMAD SYAIFUL MUNIR 23040210036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMMAD SYAIFUL MUNIR 23040210036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Munir, Muhammad Syaiful. 2025. Pengaruh Program Literasi Terhadap Rasa Percaya Diri dan Minat Membaca Siswa MIN 11 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci : program literasi; rasa percaya diri; minat membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan rasa percaya diri dan minat membaca siswa di sekolah dasar melalui program literasi. Program literasi diyakini dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan kepribadian dan kebiasaan membaca siswa sejak dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi terhadap rasa percaya diri dan minat membaca siswa di MIN 11 Boyolali tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang terdiri dari 24 pernyataan. Sampel penelitian adalah siswa kelas III MIN 11 Boyolali yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas), serta pengujian hipotesis dengan uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,048, yang lebih kecil dari 0,05, dengan kontribusi sebesar 13,2%. Selain itu, program literasi juga berpengaruh signifikan terhadap minat baca siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,039, yang juga lebih kecil dari 0,05, dengan kontribusi sebesar 14,4%. Dengan demikian, program literasi terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan rasa percaya diri dan minat membaca siswa. Meskipun pengaruhnya dikategorikan rendah atau lemah, program literasi tetap memberikan kontribusi terhadap kedua aspek tersebut. Selain itu, masih terdapat faktor lain di luar program literasi yang turut memengaruhi rasa percaya diri dan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2025 19:05
Last Modified: 01 Jul 2025 19:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24614

Actions (login required)

View Item View Item