PERAN TOUR LEADER DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH UMROH DI PT KAROMAH BAIT AL ANSOR CABANG UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Arifiani, Julita Afi (2025) PERAN TOUR LEADER DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH UMROH DI PT KAROMAH BAIT AL ANSOR CABANG UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JULITA AFI ARIFIANI (43020210061) FIXX JILID BUKU 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JULITA AFI ARIFIANI (43020210061) FIXX JILID BUKU 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JULITA AFI ARIFIANI (43020210061) FIXX JILID BUKU 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JULITA AFI ARIFIANI (43020210061) FIXX JILID BUKU 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JULITA AFI ARIFIANI (43020210061) FIXX JILID BUKU 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JULITA AFI ARIFIANI (43020210061) FIXX JILID BUKU 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi secara akurat kekuatan-kekuatan yang menjadi kepuasan jamaah selalu meningkat, sekaligus mengetahui apa saja kelemahan yang menghambat efektivitasnya. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi perumusan rekomendasi-rekomendasi yang konstruktif dan aplikatif, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas implementasi peran tour leader di masa mendatang. Lebih jauh lagi, hasil penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai referensi berharga dan best practice bagi institusi perusahaan lain yang berkeinginan untuk mengembangkan program yang serupa, sehingga dapat mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan pesantren secara lebih luas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara Pimpinan PT. Karomah Bait Al Ansor, tour leader PT. Karomah Bait Al Ansor dan Alumni Jamaah PT. Karomah Bait Al Ansor. Sedangkan data sekunder berupa foto-foto kegiatan terkait peran tour leader dalam memimpin rombongan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran tour leader di PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Ungaran Kab. Semarang dinilai sebagai pelayanan terbaik di Ungaran, karena dengan harga yang sangat menjangkau masyarakat menengah ke bawah dengan pelayanan yang sangat terbaik.; (2) Peran tour leader dalam mengatasi kendala tersebut melibatkan evaluasi dari semua aktivitas yang dijalankan dan umpan balik untuk perbaikan di masa mendatang, yang merupakan bagian dari metode. kendala ini juga melibatkan kolaborasi antara berbagai pihak, seperti tour leader serta tim dari karomah sehingga menciptakan dinamika yang lebih kompleks daripada sekadar menggerakkan sumber daya manusia.; (3) Peran tour leader merupakan memimpin rombongan jamaah dalam ibadah umroh serta memastikan perjalanan berjalan dengan lancar sesuai dengan SOP yang diinginkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:33
Last Modified: 02 Jul 2025 01:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24624

Actions (login required)

View Item View Item