PENGARUH PERILAKU TRASH TALK TERHADAP PERCEIVED ENJOYMENT GAME MOBILE LEGENDS PADA KOMUNITAS GAMERS MOBILE LEGENDS

Hibatullah, Labib (2025) PENGARUH PERILAKU TRASH TALK TERHADAP PERCEIVED ENJOYMENT GAME MOBILE LEGENDS PADA KOMUNITAS GAMERS MOBILE LEGENDS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Fix Labib.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Fix Labib.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Fix Labib.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Trash Talk, Perceived Enjoyment, Game Online, Komunikasi Game, Mobile Legends Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak perilaku Trash Talk terhadap kepuasan yang dirasakan dalam bermain game dalam konteks permainan mobile legends di antara komunitas pemain mobile legends. Perilaku Trash Talk sering dianggap sebagai jenis komunikasi yang buruk, tetapi dalam beberapa situasi, dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi pelaku maupun penerima. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, penelitian ini merujuk pada teori operant conditioning yang diperkenalkan oleh B.F. Skinner untuk menguraikan motif reinforcement dan Punishment dalam perilaku pemain. Instrumen penelitian yang diterapkan adalah kuesioner dengan skala likert yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan anggota komunitas gamers mobile legends di Salatiga melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis melalui regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 27. Temuan ini mengindikasikan perilaku Trash Talk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Enjoyment, yang menunjukkan semakin intens pemain melakukan Trash Talk, semakin besar pula tingkat kesenangan bermain yang mereka rasakan. Penemuan ini menunjukkan bahwa Trash Talk tidak sekadar berfungsi sebagai ungkapan emosi, tetapi juga sebagai bagian dari hiburan dalam proses bermain. Maka dari itu, dibutuhkan pendekatan yang lebih seimbang untuk memahami perilaku ini, yaitu dengan tidak langsung menganggapnya sebagai tindakan merusak, tetapi juga memperhatikan konteks dan pengaruhnya terhadap dinamika komunitas gaming.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2025 21:49
Last Modified: 02 Jul 2025 21:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24655

Actions (login required)

View Item View Item