OPTIMALISASI IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING MULTIKULTURAL DI SMK NEGERI 1 BANCAK

UMAM, FAIZAL LUDFI KHOIRUL (2025) OPTIMALISASI IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING MULTIKULTURAL DI SMK NEGERI 1 BANCAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NIAT ALHAMDULILLAH FIKS FAIZAL LUDFI KHOIRUL UMAM 23080210086 - Faizal Ludfi Khoirul Umam Revisiiiiiiii.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Faizal Ludfi 23080210086 2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Umam, Faizal Ludfi Khoirul. 2025. Optimalisasi Implementasi Bimbingan Konseling Multikultural Bagi Siswa Lintas Kabupaten di SMK Negeri 1 Bancak. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci : Optimalisasi, Implementasi, Bimbingan Konseling Multikultural, Siswa Lintas Kabupaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi Bimbingan Konseling Multikultural Bagi Siswa Lintas Kabupaten di SMK Negeri 1 Bancak. 2) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Bimbingan Konseling Multikultural, Baik Sebagai Pendukung Maupun Penghambat di SMK Negeri 1 Bancak. 3) Strategi Optimalisasi untuk Meningkatkan Efektivitas Implementasi Bimbingan Konseling Multikultural Bagi Siswa Lintas Kabupaten di SMK Negeri 1 Bancak. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator guru BK, guru Bimbingan dan Konseling (BK), siswa dan siswi SMK Negeri 1 Bancak. Analisis data dalam penelitian ini melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan pengecekan dengan menggunakan triangulasi data, yang bertujuan untuk mendapatkan data yang valid dan terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi bimbingan konseling multikultural dilakukan dengan memperhatikan keselarasan persepsi antara guru BK dengan siswa, pendidikan inklusif, kolaborasi dan koordinasi secara menyeluruh. Secara metodologis sekolah menggunakan layanan aktif dan responsif. Dari aspek evaluasi sekolah menerapkan sistem penilaian autentik dan penghargaan. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung meliputi budaya sekolah yang menanamkan nilai inklusif, keterlibatan seluruh pihak sekolah dalam layanan bimbingan dan konseling, dukungan program dan kebijakan yang diterapkan, sumber daya manusia yang kompeten, dukungan teman dan keluarga, dan layanan berbasis pengalaman dan solusi. Faktor penghambatnya adalah keragaman latar belakang siswa, kesulitan kecakapan berbahasa, dan penerapan hubungan sosial dalam situasi nyata. 3) Strategi optimalisasi untuk meningkatkan efektivitas implementasi bimbingan konseling multikultural bagi siswa lintas kabupaten di SMK Negeri 1 Bancak dilakukan dengan memperhatikan, pendidikan pembentukan karakter, integrasi pola lingkungan, pemanfaatan teknologi dalam pendekatan holistik, peningkatan kompetensi guru BK, strategi motivasi dalam layanan, diskusi dan memahami arti toleransi, dan evaluasi dan sharing dalam pelaksanaan program BK di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2025 16:49
Last Modified: 03 Jul 2025 16:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item