BUDININGSIH, MELLINA (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENYAMPAIKAN PENDAPAT DENGAN MEDIA POSTER MELALUI MODEL GAMIFIKASI ELEMEN LEADERBOARD KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AT-TAQWA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mellina Budiningsih 23040210007.pdf Download (7MB) |
Abstract
Budiningsih, Mellina. 2025. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyampaikan Pendapat Melalui Model Gamifikasi Elemen Leaderboard Dengan Media Poster Kelas IV Sdist At-Taqwa Getasan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN). Dosen Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Menyampaikan Pendapat, Gamifikasi elemen leaderboard, Poster. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi menyampaikan pendapat, melalui model pembelajaran gamifikasi dengan elemen leaderboard dan media poster di kelas IV SDIST At-Taqwa Getasan tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIST At-Taqwa yang terdiri dari 16 siswa, 9 siswa putra dan 7 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi dan keterlibatan siswa. Pada tahap pra siklus ketuntasan diperoleh sebesar 31,25% dengan 5 siswa tuntas dan 11 belum tuntas. Selanjutnya di Siklus I diperoleh ketuntasan 43,75% sebanyak 7 siswa tuntas dan 9 siswa belum tuntas. Lalu terjadi peningkatan di Siklus II dengan perolehan 87,5% dengan 14 siswa tuntas dan 2 belum tuntas. Dalam siklus I, ditemukan bahwa siswa masih kurang antusias dan banyak yang belum tuntas, tetapi pada siklus II, siswa menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi yang lebih aktif. Penggunaan elemen leaderboard berhasil memicu semangat kompetisi di antara siswa. Selain itu, media poster sebagai alat bantu visual membantu siswa dalam mengekspresikan pendapat dengan cara yang lebih menarik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 17:19 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 17:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |