PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL DENGAN KERTAS BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A RA AL ASYHAR KESONGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Zahwa, Salsaina Nur'Adni (2025) PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL DENGAN KERTAS BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A RA AL ASYHAR KESONGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SALSAINA NUR'ADNI ZAHWA 23050200027.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SALSAINA NUR'ADNI ZAHWA 23050200027.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SALSAINA NUR'ADNI ZAHWA 23050200027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zahwa, S. N., 2025. Pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan kertas bergambar pada anak kelompok A RA Al Asyhar Kesongo Tahun Pelajaran 2024/2025.Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci: Motorik Halus; Menggunting dan Menempel; Kertas Bergambar Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan menggunting dan menempel dengan kertas bergambar yang sering dilaksanakan di RA Al Asyhar Kesongo pada anak kelompok A dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana penelitian ini menggunakan data deskriptif yang berupa kalimat tertulis dan lisan yang didapatkan dari objek penelitian. Penelitian ini mencari dan mengumpulkan data dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa kualitatif deskriptif yaitu berupa observasi di kelas; wawancara dengan kepala sekolah, guru, perwakilan wali murid kelompok A dan perwakilan murid kelompok A; serta dokumentasi pelaksanaan. Perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan kertas bergambar yang melewati delapan tahapan menggunting yang dilaksanakan di RA Al Asyhar Kesongo pada anak kelompok A sudah berkembang sesuai harapan. Kegiatan tersebut menarik antusias anak selama pembelajaran terlihat dari anak-anak yang ceria dan mengikutinya, sehingga menjadi faktor pendukung kegiatan tersebut. Ketersediaan alat di sekolah dan dukungan dari wali murid juga menjadi faktor pendukung kegiatan menggunting dan menempel dengan kerta bergambar. Namun terdapat juga hambatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut di sekolah yaitu kemampuan anak yang berbeda satu dan lainnya, serta penolakan anak dalam kegiatan menempel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2025 14:43
Last Modified: 04 Jul 2025 14:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24681

Actions (login required)

View Item View Item