S.Pd, Siti Nur Afidatul Umamah, (2025) Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa SMP Plus Darul Qur’an Purwodadi Grobogan. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
THESIS AFIDATUL UMAMAH JILID 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
THESIS AFIDATUL UMAMAH JILID 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
THESIS AFIDATUL UMAMAH JILID 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Umamah, Siti Nur Afidatul. 2024. Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP Plus Darul Quran Purwodadi Grobogan. Tesis. Salatiga. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Noor Malihah, S. Pd., M. Hum., Ph.D. Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana diatur oleh Undang-Undang nomor 20 tahun 2003, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Model pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang sengaja didesain atau dirancang dengan tujuan, kegiatan belajar mengajar dapat dilalui dan diterima dengan mudah oleh siswa, salah satunya adalah model pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi adalah model pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan gaya belajar siswa. Tomlinson pengklasifikasikan kebutuhan belajar siswa terbagi menjadi tiga aspek yaitu minat, profil belajar dan kesiapan belajar. Kemudian pada pelaksanaannya terbagi menjadi tiga komponen dasar yaitu, diferensiasi, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Plus Darul Quran Purwodadi Grobogan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berdiferensiasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Fikih pada kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen Design (rancangan eksperimen semu), menggunakan teknik Nonequivalent Control Group Design. Menggunakan pre test dan post test untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, artinya menggunakan seluruh populasi dikelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menyimpulkan nilai rata-rata pre test kelas VIII B 73,50 sedangkan kelas VIII A sebesar 63,55. Kemudian rata-rata nilai post test kelas VIII B sebesar 91,08 sedangkan kelas VIII A sebesar 76,30. Dari data tersebut disimpulkan bahwa selisih nilai post test kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 91,08 > 76,30. Berdasarkan hasil uji N-Gain pre test dan post test hasil belajar siswa menunjukan hasil sebesar 66,57% dengan kategotri efektif, sedangkan nilai N_Gain tinggat motivasi belajar siswa menunjukkan angka sebesar 57,20 dengan kritera sedang. Berdasarkan Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka berdasarkan data pengambilan keputusan disimpulkan H0 ditolak da Ha diterima. Berdasarkan data hasil uji dan selisih signifikansi yang nyata antara rata- rata kedua kelompok kelas tersebut, yang berarti bahwa model pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fikih kelas VIII B SMP Plus Darul Quran Purwodadi Grobogan tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Pelajaran Fikih, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 17:05 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 17:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |