PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN BANTUAN MEDIA SPIN WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PROSEDUR DI KELAS V MI NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Husna, Aprilia Nurul (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN BANTUAN MEDIA SPIN WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PROSEDUR DI KELAS V MI NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aprilia Nurul Husna_revisian skripsi[1]_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Husna, Aprilia Nurul. 2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Bantuan Media Spin Wheel terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur di Kelas V MI Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Jurusan Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Snowball Throwing, Media Spin Wheel, Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan bantuan media Spin Wheel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur kelas V MI Negeri 5 Semarang, (2) mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan bantuan media Spin Wheel di kelas V MI Negeri 5 Semarang, (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dengan bantuan media Spin Wheel terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V MI Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode (Quasi Experimental Design) yang melibatkan dua kelompok, yakni kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 21 orang. Kelas V B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 20 orang. Pada kelompok eksperimen peserta didik diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan bantuan media Spin Wheel. Kemudian pada kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvesional. Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan bantuan media Spin Wheel dapat menjadikan peserta didik aktif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik juga bisa lebih banyak berkomunikasi dengan teman-temanya serta saling melempar pertanyaan dan jawaban. Kegiatan pembelajaran berbasis game membuat peserta didik tidak mudah jenuh ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil rata-rata nilai post-test dari kelas eksperimen yang mencapai nilai 85,14, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol hanya senilai 58,50. Hasil hipotesis juga menunjukkan nilai sig. (2-tailed) seibesar 0,000, yang nilainya berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan bantuan media Spin Wheel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2025 17:33
Last Modified: 04 Jul 2025 17:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24687

Actions (login required)

View Item View Item