PUSPITA, AYU DWI (2025) PENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PART-TIME ANGKATAN 2021 FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Ayu Dwi Puspita_NIM. 43040210083.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh social support terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga, (2) pengaruh self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga, dan (3) pengaruh social support dan self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 483 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang responden mahasiswa yang bekerja part-time angkatan 2021 yang di fakultas Dakwah UIN Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Social support memiliki pengaruh yang signifikan terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga. Pernyataan ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil nilai signifikansi uji T sebesar 0.001 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 3.417 > Ttabel 1.992 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh social support terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga. (2) Self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga. Pernyataan ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil nilai signifikansi uji T sebesar 0.025 < 0,05 dan nilai Thitung 2.284> Ttabel 1.992 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga. (3) Social support dan self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga. Pernyataan ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil nilai signifikansi uji F sebesar 0.004 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 5.803 > Ftabel sebesar 3,15. Hasil uji F juga didukung dengan uji koefisien determinasi (R2) yang menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0.105 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh antara social xi support dan self-efficacy secara simultan (bersama-sama) terhadap academic burnout pada mahasiswa yang bekerja part-time Angkatan 2021 Fakultas Dakwah di UIN Salatiga sebesar 10% sisanya 90% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 17:45 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 17:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |