nurkhayati, (2025) PENGGUNAAN METODE STORYTELLING DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK BERBICARA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SRUWEN 03 TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
skripsi nurkhayati terbaru jadi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penggunaan metode storytelling dalam mengembangkan aspek berbicara anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Sruwen 03. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendapat sumber data dari informan yaitu Kepala Sekolah, tenaga pendidik atau guru, wali murid, peserta didik TK Dharma Wanita Sruwen 03. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif, dan pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data dan sumber tehnik. Penggunaan metode storytelling dalam mengembangkan aspek berbicara pada anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Sruwen 03 sudah terlaksana dengan cukup baik dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode storytelling dapat menstimulasi perkembangan aspek berbicara di TK Dharma Wanita Sruwen 03, yaitu peserta didik menyimak, peserta didik mengekspresikan ide melalui kata-katanya, peserta didik menceritakan kembali cerita yang sudah guru ceritakan, dan dapat diajak berkomunikasi secara lisan. Terdapat 3 faktor penghambat untuk penggunaan metode storytelling ini, yaitu beberapa tenaga pendidik yang belum mahir mengekspresikan cerita, kurangnya tenaga pendidik, dan beberapa peserta didik yang kurang tertarik dengan adanya penggunaan metode storytelling. Selain faktor penghambat, ada juga 3 faktor pendukungnya yaitu, adanya alat-alat yang sudah memadai di TK Dharma Wanita Sruwen 03, dukungan dari orang tua atau wali murid dan kemampuan menyampaikan cerita dengan baik. Peserta didik antusias dengan adanya penggunaan metode storytelling peserta didik juga menyebutkan apa yang sudah mereka dengarkan, yang dimana ini menandakan bahwa metode storytelling dapat menstimulasi perkembangan aspek berbicara anak di TK Dharma Wanita Sruwen 03.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 18:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 18:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |