HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN MUHASABAH DENGAN PENERIMAAN DIRI PADA SISWA KELAS X MAN 2 SEMARANG

Khairunnisa, Sabila (2025) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN MUHASABAH DENGAN PENERIMAAN DIRI PADA SISWA KELAS X MAN 2 SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SABILA KHAIRUNNISA 23080210015 BKPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hubungan konsep diri dengan penerimaan diri; 2) menganalisis hubungan muhasabah dengan penerimaan diri; dan 3) menguji hubungan konsep diri dan muhasabah, dengan penerimaan diri siswa kelas X MAN 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling teknik simple random sampling dengan mengambil 80 sampel dari 170 populasi. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri, skala muhasabah, dan skala penerimaan diri. Instrument ini sudah melalui uji judgement ahli bimbingan & konseling dan melalui uji validitas dan reliabilitas yang telah dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak di gunakan. Kuesioner konsep diri dengan jumlah item valid 32 dan dengan skor reliabel .865, kuesioner muhasabah dengan jumlah item valid 14 dan dengan skor reliabel .737, kuesioner penerimaan diri dengan jumlah item valid 28 dan dengan skor reliabel .902. Uji hipotesis menggunakan pearson product moment dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif signifikan antara konsep diri dengan penerimaan diri, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,554; 2) terdapat hubungan positif signifikan antara muhasabah dengan penerimaan diri, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation 0,482; 3) terdapat hubungan positif signifikan antara konsep diri dan muhasabah dengan penerimaan diri, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,539.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2025 22:07
Last Modified: 05 Jul 2025 22:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24703

Actions (login required)

View Item View Item