LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK WDEP BERLANDASKAN QS. AL-IMRAN 159-160 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMPN 7 SALATIGA

Fitria, Nely Muna (2025) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK WDEP BERLANDASKAN QS. AL-IMRAN 159-160 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMPN 7 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NELY MUNA FITRIA_23080210073 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NELY MUNA FITRIA_23080210073 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NELY MUNA FITRIA_23080210073 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NELY MUNA FITRIA_23080210073 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitria, Nely Muna. 2025. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik WDEP Berlandaskan Qs. Al-Imran Ayat 159-160 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMPN 7 Salatiga Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M. Pd. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik WDEP, Minat Belajar Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui tingkat minat belajar di SMPN 7 Salatiga, 2) mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik WDEP dalam Qs. Al-Imran ayat 159-160 untuk meningkatkan minat belajar di SMPN 7 Salatiga. 3) menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik WDEP berlandaskan Qs. Al-Imran ayat 159-160 untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 7 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group desaign. Populasi penelitian ini berjumlah 226 siswa dan siswi kelas VIII SMPN 7 Salatiga. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang secara terpilih dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuakn berupa bimbingan kelompok teknik WDEP berlandaskan Qs. Al-Imran ayat 159-160 untuk meningkatkan minat belajar dan kelompok kontrol untuk perbandingan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen psikologis minat belajar siswa yang terdiri dari 30 pernyataan. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok. Siswa menjadi lebih termotivasi, bertanggung jawab terhadap proses belajar, serta menunjukkan keterlibatan aktif selama pelaksanaan layanan. Pendekatan Al-Qur’an yang dikombinasikan dengan teknik WDEP terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan emosional dan spiritual siswa terhadap kegiatan belajar. Keaktifan siswa dalam setiap sesi juga memperkuat dinamika kelompok, menjadikan proses bimbingan lebih bermakna dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Pernyataan ini mengindikasikan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik WDEP berlandaskan QS. Ali Imran ayat 159–160 efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, dengan menghasilkan partisipasi, antusiasme, dan kemandirian dalam proses pembelajaran. Peningkatan ini terjadi setelah siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok pada pertemuan kedua dan ketiga, di mana teknik WDEP (Wants, Doing, Evaluation, Planning) diterapkan secara sistematis. Teknik ini membantu siswa mengenali keinginan mereka dalam belajar (Wants), mengevaluasi tindakan yang telah dilakukan (Doing), menilai apakah tindakan tersebut efektif atau tidak (Evaluation), serta merancang langkah konkret untuk meningkatkan motivasi belajar mereka (Planning).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2025 18:16
Last Modified: 07 Jul 2025 18:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item View Item